Sinergisitas Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Dalam Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia

Faishol Luthfi
Universitas Airlangga

Wildana Latif M.
Politeknik Negeri Semarang


Abstrak

Makalah  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  sinergitas  organisasi  Islam  (Nahdlatul  Ulama  dan Muhammadiyah) terhadap perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah analisis literatur. Data dikumpulkan dan dianalisis dari sumber-sumber  utama  Islam  (yaitu  Al-Qur'an  dan  Hadits)  dan  studi  penelitian  sebelumnya  yang terkait dengan organisasi Islam di Indonesia. Para penulis menemukan bahwa Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah  adalah  organisasi  Islam  terbesar  di  Indonesia  yang  memiliki  karakteristik  sendiri. Kedua organisasi ini memiliki perbedaan dalam metode dakwah dan basis massa. Sinergi Nahdlatul Ulama  dan  Muhammadiyah  melalui  metode  dakwah  dan  basis  massa  dapat  mengembangkan ekonomi Islam di Indonesia. Para penulis berpendapat bahwa di masa depan mungkin perlu memiliki sinergi   yang   lebih   dalam   antara   aktivis,  administrator dan pengikut   Nahdlatul  Ulama dan Muhammadiyah.  Makalah  ini  adalah  pelopor  untuk  menganalisis  sinergitas  organisasi  Islam terhadap perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia.

Kata Kunci: Organisasi Islam, Pengembangan Ekonomi Islam









Komentar

Postingan Populer