Sinergisitas Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Dalam Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia
Faishol Luthfi
Universitas Airlangga
Wildana Latif M.
Politeknik Negeri Semarang
Abstrak
Universitas Airlangga
Wildana Latif M.
Politeknik Negeri Semarang
Abstrak
Makalah ini bertujuan untuk menganalisis sinergitas organisasi Islam (Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah) terhadap perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah analisis literatur. Data dikumpulkan dan dianalisis dari sumber-sumber utama Islam (yaitu Al-Qur'an dan Hadits) dan studi penelitian sebelumnya yang terkait dengan organisasi Islam di Indonesia. Para penulis menemukan bahwa Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia yang memiliki karakteristik sendiri. Kedua organisasi ini memiliki perbedaan dalam metode dakwah dan basis massa. Sinergi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah melalui metode dakwah dan basis massa dapat mengembangkan ekonomi Islam di Indonesia. Para penulis berpendapat bahwa di masa depan mungkin perlu memiliki sinergi yang lebih dalam antara aktivis, administrator dan pengikut Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Makalah ini adalah pelopor untuk menganalisis sinergitas organisasi Islam terhadap perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia.
Kata Kunci: Organisasi Islam, Pengembangan Ekonomi Islam
Komentar
Posting Komentar